SELECT `article`.`artcId`, `article`.`artcTitle`, `article`.`artcExcerpt`, `article`.`artcDetail`, `article`.`artcKeyword`, `article`.`artcKeyword`, `master_category`.`mscId` as `category_id`, `master_category`.`mscName` as `category_menu`, `article`.`artcSaved`, `article`.`artcPublishTime` as `publish_time`, `article`.`artcStatus`, `article`.`anonymous_article`, `article`.`isShowUser`, `arsip_file`.`arfileId` as `mediaid`, `arsip_file`.`arfileFileType` as `media_type`, `user_komunitas`.`ukomId` as `userid_kontributor`, `user_komunitas`.`ukomName` as `kontributor`, `admin`.`admiId` as `editor_id`, `admin`.`admiRealName` as `editor` FROM `article` LEFT JOIN `master_category` ON `master_category`.`mscId` = `article`.`artcMscvId` LEFT JOIN `article_image` ON `article_image`.`article_id` = `article`.`artcId` LEFT JOIN `arsip_file` ON `arsip_file`.`arfileId` = `article_image`.`arsip_file_id` LEFT JOIN `user_komunitas` ON `user_komunitas`.`ukomId` = `article`.`artcUkomIdSaved` LEFT JOIN `admin` ON `admin`.`admiId` = `article`.`artcUserIdApproved` WHERE `artcId` = 902 LIMIT 1

Lingkungan

04 Dec 2022 09:43

PMI dan Poltek Akbara Kenalkan Gerakan Kepalangmerahan di USTJ

PMI dan Poltek Akbara Kenalkan Gerakan Kepalangmerahan di USTJ

Mahasiswa USTJ berpartisipasi dalam kegiatan talk show bertema "Temukan Jiwa Relawanmu"

Bakarbatu.id - Sekitar 100 lebih mahasiswa Universitas Sains dan Teknologi Jayapura ikut berpartisipasi dalam kegiatan talk show bertema "Temukan Jiwa Relawanmu", yang digelarbekerja sama dengan PMI Kota Solo dan Politeknik Akbara Surakarta di Ruang Fakultas Komunikasi USTJ Padang Bulan, Jayapura, Sabtu (03/12/2022)

Direktur Politeknik Akbara Surakarta, Titis Wahyuono, hadir sebagai narasumber dalam talk show tersebut. Ia mengatakan, tujuannya tak lain untuk memperkenalkan gerakan Kepalangmerahan kepada mahasiswa USTJ Universitas Sains dan Teknologi Jayapura.

“PMI adalah organisasi kemanusiaan, di mana semua orang tahu dan terlibat dalam kegiatan Kepalangmerahan.”

“Korps Sukarela (KSR) sebagai kesatuan unit PMI, menjadi wadah yang tepat bagi mahasiswa melakukan kegiatan kemanusiaan di PMI,” ungkap Titis Wahyuono.

Titis mengaku terkesan dengan antusiasme mahasiswa USTJ terlibat dalam talk show yang digelar.

Menurutnya, mahasiswa merupakan calon pemimpin di masa depan era globalisasi. “Demikian, PMI maupun KSR adalah wadah yang tepat menyiapkan diri sebagai pemimpin di masa mendatang,” ujarnya.

Selain itu, Tri Wuryanto dari PMI Kota Solo yang juga hadir sebagai narasumber, menyebutkan prinsip dasar PMI dalam membantu sesama. “Pertama, kita menumbuhkan minat dari mahasiswa untuk peduli terhadap sesama.”

“Kemudian, kalau minat dan kepedulian sudah ada, tinggal meningkatkan kemampuan yang ada untuk bantu siapapun yang membutuhkan,” beber Tri Wuryanto.

Tri mengatakan, yang membutuhkan bantuan ialah mereka yang menderita. “Sedangkan yang tidak menderita kita rangkul, lalu kita ajak untuk membantu mereka yang menderita.”

“Jadi, prinsipnya, bagaimana kita mengubah tangis mereka yang menderita menjadi senyum bahagia,” katanya.

Ketua PMI Papua, Zakius Degei, ST mengapresiasi kehadiran Titis Wahyuono dan Tri Wuryanto di Jayapura dalam membantu menyiapkan SDM PMI di Papua.

Terlebih, kita juga punya 10 mahasiswa yang saat ini sedang kuliah teknologi bank darah di Solo,” kata  Zakius.

Tidak hanya membantu menyiapkan SDM PMI yang handal, Titis dan Tri juga membantu memperkuat Markas PMI Papua.

“Kedua narasumber ini memiliki kemampuan dan pengalaman yang luar biasa di PMI Solo selama sekiranya 15 tahun,” sambungnya.

“Kita undang mereka ini untuk perkuat SDM dan markas PMI Papua,” pungkasnya.

Mewakili Dosen Fikom Irjii Matdoan, ST. MT mengampaikan bahwa, donor darah kemudian Kepala Merahan yang pertama-tama itu, Kepala Merahan Provinsi Papua dan keberadaan PMI kota-kota Provinsi Papua. Kemudian Kegiatan ini kita mencari Jiwa-jiwa lerawan baru, untuk memperkuat Palang merah Indonesia (PMI) Provinsi Papua ketika terjadi bencana alam, baik tingkat di kota maupun tingkat Provinsi Papua," kata Matdoan

"Untuk itu, hasil dari pada kegiatan ini untuk membentuk Haiser yaitu korsp sukarela di tingkat perguruan tinggi salah satu adalah kampus USTJ Universitas Sains dan Teknologi Jayapura, di bawah PMI Provinsi Papua, untuk bagaimana supaya kedepan bekali dengan pendidikan dan latihan Diklat dasar karena, PMI itu ada beberapa tingkatan Diklat bisa dibagi menjadi dua macam, yaitu diklat prajabatan dan diklat dalam jabatan oleh karena itu, kami berharap Mahasiswa kedepannya ini menjadi relawan-relawan baru, untuk menunjang terjadinya bencana Provinsi Papua," kata Irjii, Dosen Fikom USTJ

Berita lainnya.